Membuat Voltage regulator menggunakan LM317 dan LM337

Membuat Voltage regulator menggunakan LM317 dan LM337

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini linear power supply sudah sangat jarang digunakan. Hanya alat-alat tertentu saja yang masih menggunakan Linear power supply, misalnya perangkat audio seperti power amplifier, preamplifier, dsb. Ada beberapa hal yang menyebabkan Linear power supply sudah sangat jarnag digunakan, salah satunya adalah ukuran fisik dari linear power supply. Sebagai coba anda bandingkan charger handphone NOKIA 3310 (jika anda masih ingat :-P) dengan charger smartphone saat ini, ukuran dan beratnya sangat jauh beda, padahal output yang dihasilkan sama (5V, 1A). Saat ini teknologi power supply sudah menggunakan teknologi switching, teknologi switching membuat stepdown Transformer yang ukuran nya besar tidak diperlukan lagi, topik mengenai power supply switching ini akan kami bahas di artikel selanjutnya. Meskipun demikian seperti yang saya sebutkan sebelumnya masih ada peralatan yang power supply-nya tidak bisa diganti dengan power supply switching, sebetulnya bukan tidak bisa diganti, hanya saja jika menggunakan power supply switching akan sangat berpegaruh kepada kualitas alat tersebut, khususnya di perangkat audio.

 

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai pembuatan linear power supply menggunakan IC Linear Regulator LM317T/LM337T, kedua IC regulator tersebut merupakan adjustable linear voltage regulatoryang sudah sangat banyak digunakan. Niat awal pembuatan power supply ini adalah untuk coba-coba menghidupkan DAC kit yang saya beli. 🙂 Module power supply ini adalah module power supply pertama saya yang dibuat dengan menggunakan IC LM317T/LM337T, biasanya dulu kalo membuat power supply linear, cenderung menggunakan fix regulator (misalnya LM7805, LM7812, dsb). LM317T/LM337T dipilih setelah saya membaca review-review dari forum dan juga masukan-masukan dari customer-customer yang hoby DAC.

 

Singkat kata, saya buat design PCB dengan rangkaian mengacu kepada datasheet masing-masing IC regulator, untuk LM317T, saya menggunakan IC merk ST Microelectronics, sedangkan untuk IC LM337T menggunakan merk Fairchild. Rangkaian dibuat mengacu kepada rekomendasi masing-masing datasheet. Power supply yang pertama saya buat adalah +/-15V power supply, mengacu kepada datasheet, LM317 dan LM337 bisa mengeluarkan arus hingga 1.5A, namun apakah bisa tercapai? kita lihat annti apda saat proses pengetesan. :-P. Adapun rangkaian dari power supply yang saya buat adalah sebagai berikut:

 

 

websuhu
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

WhatsApp chat