Mengenal Jenis-Jenis Konektor/Header

Mengenal Jenis-Jenis Konektor/Header

Terdapat banyak jenis konektor yang sering kita pakai dalam rangkaian elektronik. Mungkin terdapat ribuan jenis. Secara fungsi, fungsi dari konektor tersebut sama, yaitu untuk menghubungkan kabel dengan PCB (Cable to Board Connector) atau menghubungkan PCB dengan PCB (Board to Board Connector). Pada kesempatan ini kita akan membahas, beberapa jenis konektor/header yang sering digunakan dan tentunya tersedia di toko kami.

 

1. Dupont Connector

Dupont connector biasa digunakan untuk menghubungkan kabel dengan PCB. Konektor ini pada awalnya dibuat oleh perusahaan pembuat konektor DUPONT. Pada umumnya konektor ini berwarna hitam, dan memiliki lead spacing/ jarak antar kaki 2.54mm. Kabel yang biasa digunakan untuk konektor ini mulai dari ukuran 24-18 AWG, akan tetapi sangat cocok dan pas jika menggunakan ukuran kabel 22AWG. Ujung dari konektor ini ada dua jenis, yaitu yang Male atau Female. Konektor jenis dupont memiliki pasangan berupa male header atau female header. Terdapat juga konektor dupont yang memiliki lead spacing 1.27mm atau 2mm. Untuk dupont connector yang memiliki lead spacing 1.27mm kebanyakan dipakai untuk menghubungkan PCB dengan PCB.



2. Konektor 2510

Konektor selanjutnya adalah konektor 2510, konektor ini merupakan konektor keluaran Molex. Saat ini terdapat banyak sekali produsen konektor yang memproduksi konektor sejenis. Kebanyakan yang beredar di Indonesia adalah konektor 2510 buatan china, secara kualitas sedang-sedang saja, akan tetapi secara harga sangat terjangkau. Berdeda dengan merk molex yang harganya lumayan mahal, akan tetapi kualitasnya juga sangat bagus. Umumnya konektor ini memiliki lead spacing 2.54mm. Kabel yang biasa digunakan ukuran 18-24 AWG, umumnya 22AWG. Konektor 2510 sangat mudah untuk di crimping, karena ukurannya yang relatif besar. Jika kita tidak mempunyai crimping tool, maka konektor ini dapat dengan mudah di crimping dengan menggunakan tang lancip (long nose).


websuhu
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

WhatsApp chat